by

Video Jadul Gerhana Matahari di Indonesia 1983

Gerhana Matahari 11 Juni 1983 - SOLAR ECLIPSE 1983 - Video Jadul Gerhana Matahari di Indonesia 1983

'Pembodohan Massa' soal Gerhana Matahari Total 1983


Peristiwa gerhana matahari total (GMT) bukanlah yang pertama kali terjadi. Namun yang paling menghebohkan terjadi pada 11 Juni 1983. Sebab, kala itu fenomena astronomi tersebut ditayangkan secara langsung di televisi.

Namun, rumor terlanjur menyebar di kalangan masyarakat. "Ada semacam pembodohan massal, dengan mengatakan 'awas, hati-hati gerhana bisa membutakan mata'," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin dalam wawancara khusus kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Bahkan, dia menambahkan, ada yang bertindak ekstrem sampai-sampai seluruh jendela rumah ditutup. "Seakan matahari memancarkan radiasi berbahaya," imbuh Thomas.

Tak hanya di situ, di suatu daerah, mata hewan-hewan penghuni kebun binatang ditutup, agar mereka tak buta.

Fenomena langka yang jalur totalitasnya melintasi Jawa disiarkan langsung di TVRI -- stasiun televisi satu-satunya di Indonesia kala itu. Berikut tayangan jadulnya, yang menampilkan pembawa acara berpakaian kebaya oranye serta bersanggul:

Dengan gaya khas, si pembaca berita berkebaya oranye dan bersanggul memberitahukan bahwa gerhana matahari total akan disiarkan langsung. (Sanggar Cerita)

Setelah gerhana matahari total heboh itu, fenomena alam serupa tercatat pernah terjadi pada 1988 dan 1995.

Di negara lain, gerhana matahari total juga ditakuti karena dianggap pertanda buruk. Ibu hamil bersembunyi, gerhana diyakini berdampak pada bayi.


Source :  

Subscribe :  


Ternyata Video ini banyak dicari oleh pemburu video : gerhana matahari total 9 maret 2016, gerhana matahari total 9 maret 2016, gerhana matahari total, gerhana matahari total 1983, gerhana matahari total, gerhana matahari total 11 Juni 1983, gerhana matahari total 1983, gerhana matahari total 2016, gerhana matahari, gerhana matahari adalah, gerhana matahari menurut islam, gerhana matahari hari ini, gerhana matahari di indonesia, gerhana matahari dalam islam, gerhana matahari live streaming, gerhana matahari total 1983, gerhana matahari total

0 komentar:

Posting Komentar